--> Cara ternak LOVEBIRD KOLONI agar cepat bertelur | hobi binatang piaraanku

HOBI BINATANG KESAYANGAN LOVEBIRD


Search This Blog

Friday, April 5, 2019

Cara ternak LOVEBIRD KOLONI agar cepat bertelur

| Friday, April 5, 2019

Cara ternak LOVEBIRD KOLONI  agar cepat bertelur

cara ternak lovebird koloni

Cara ternak lovebird koloni : Ada banyak sekali burung yangdijadikan hobi piaraan atau untuk di jadikan ternak supaya menghasilkan . Dan tekhnik berternaknyapun bermacam macam . Salah satu burung yang sekarang sedang di gandrungi atau di jadikan ternak yaitu burung lovebird. Burung lovebird sangat menarik untuk dinikmati warnanya yang beraneka ragam dan cantik dan suaranya pun enak didengarkan . Salah satu cara ternak lovebird yaitu dengan cara ternak lovebird koloni yaitu ternak dengan cara pasangan induk dalam jumlah banyak . Sebagai pembelajar kita akan belajar cara ternak lovebird yang baik dan benar dan cepat bertelur .

Cara ternak LOVEBIRD KOLONI yang benar 

cara ternak lovebird koloni

Untuk berternak lovebird yang berhasil kita harus rutin dan telaten menjaga kebersihan kandang agar terhindar dari penyakit . selain itu pemberian makanan harus rutin dan janagan sampai telat .
Cara ternak lovebird koloni yang benar dan cepat bertelur tahapan tahapanya di antaranya : 


Cara ternak lovebird dengan memilih Indukan yang sehat dan bersih 

cara ternak lovebird koloni

Sama seperti manusia induk yang baik akan menghasilkan anak yang baik juga , Memilih indukan lovebird untuk ternak merupakan cara yang paling dasar dan penting supaya menghasilkan peranakan yang berkualitas . Memilih indukan lovebird bisa memilih dengan suara yang bagus atau warna yang cantik kalau bisa dua duanya . memang untuk lomba sendiri ada yang kontes kecantikan berdasarkan warna burung atau kontes kecantikan . Tergantung anda mau mengembangkan yang mana .

Cara ternak lovebir koloni agar berhasil membuat kandang yang nyaman dan bersih


Buatlah kandang yang rapi dan bersih agar kesehatan lovebird terjaga . Anda bisa membuat kandang sendiri atau membeli jadi di pasar burung dengan ukuran 100 x 50 x 50 . Karena kita membahas ternak lovebird koloni maka siapkan kandang yang berukuran besar tergantung jumlah pasangan lovebird . Tempatkan di lahan yang terbuka agar sirkulasi udara bersih . Bersihkan  kandang seminggu sekali . di dalam kandang di kasih tempat untuk bertelur dan bersarang

cara ternak lovebird koloni

Menunggu burung lovebird masa kawin 


Semua orang memiliki masa-masa tersendiri, kapan mereka menjadi anak kecil, remaja, pacaran, menikah, memiliki anak, dan lain sebagainya. Aspek umur merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Begitu pula dalam usahamu beternak lovebird. Jangan memilih lovebird yang masih muda  untuk segera kawin, tetapi kamu harus menunggunya sampai umurnya sudah cukup untuk kawin. 
Burung lovebird yang siap dikawinkan biasanya usianya minimal 1 tahun. Kamu juga harus ingat, sebaiknya memilih induk lovebird jantan yang lebih tua daripada induk betina. Hal ini penting untuk kita lakukan agar burung pejantan dapat mendominasi selama perkawinan sehingga peluang atau potensi pembuahan berhasil adalah lebih tinggi. Walaupun tentu saja hal ini juga dapat bergantung pada aspek-aspek lain yang melingkupi lingkungan burung tersebut tinggal.

Tahap memisahkan indukan dan peranakan 


Setelah induk bertelur dan menetas jangan buru buru memisahkan anak dengan indukanya biarkan sekitar 15 hari baru kemudian bisa dipisahkan . Setelah dipisahkan indukan dan anak , taruh anakan lovebird ke dalam kandang yang nyaman dan beri hawa hangat dari lampu 5 watt .

Pemeliharaan bayi dan memberi makanan 

Berikanlah makanan bayi lovebird dalam bentuk bubur agar mudah di cerna oleh anakan lovebird .Untuk makananya sendiri anda bisa membeli makanan bayi lovebird yang sudah dikemas pabrik . Yang terpenting memberi makan secara teratur dan rutin jangan sampai kelewatan . Rawatlah bayi lovebird ini dengan hati hati karena usia anakan lovebird rentan biar tidak mati .

Hala hal yang perlu diperatikan dalam ternak lovebird secara koloni atau cuma sepasang , Apabila indukan sudah bertelur jangan terlalu sering untuk dilihat. Karena hal ini akan menggangu burung untuk mengerami telurnya .


Itulah beberapa cara ternak lovebird yang bisa anda terapkan sendiri di rumah . 

Related Posts

No comments:

Post a Comment