--> Ternak Burung Kenari Koloni Budidaya Burung Kenari Sistem Koloni | hobi binatang piaraanku

HOBI BINATANG KESAYANGAN LOVEBIRD


Search This Blog

Thursday, April 18, 2019

Ternak Burung Kenari Koloni Budidaya Burung Kenari Sistem Koloni

| Thursday, April 18, 2019

Bagaimana Budidaya BURUNG KENARI sistem Koloni


Ternak Burung Kenari Koloni Budidaya  Burung Kenari Sistem Koloni

Cara ternak burung kenari koloni : Burung kenari merupakan burung yang sudah tidak asing lagi bagi para pecinta burung . Burung ini mempunyai suara yang sangat merdu untuk di dengarkan . Dan selain bisa dinikmati suaranya yang merdu juga tampilan burung kenari ini sangat indah . Bagi anda yang sudah mempunyai burung kenari barang kali diantara kicau mania berkeinginan untuk berternak atau membudidayakan burung kenari . Dalam artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara budidaya burung kenari sistem koloni agar hasilnya bisa di jual . Jadi selain bisa dinikmati budidaya burung kenari juga akan menambah penghasilan anda .

Cara ternak burung kenari koloni yang harus dilakukan 


Untuk menghasilkan burung kenari yang berkualitas anda harus melakukan tahapan  tahapan ternak burung kenari dari awal hingga akhir :
  • Mempersiapkan indukan burung kenari jantan dan betina .
Tahapan yang pertama ini merupakan tahapan kunci yang akan menentukan keberhasilan dari budidaya burung kenari itu sendiri . Pilihlah indukan yang berkualitas sehingga akan menghasilkan anakan kenari yang berkualitas pula . Karena anda akan membudidayakan burung kenari sistem koloni makan pilihlah minimal 2 pasang indukan burung kenari jantan dan betina  yang siap kawin

Ciri burung kenari jantan : Pada bagian dubur kenari jantan relatif menonjol vertikal dan tegak lurus . Intensitas kicauanya lebih sering dari betina , serta suaranya lebih nyaring . Dari bentuk tubuhnya ramping dan panjang serta lehernya juga panjang .

Ciri Burung kenari betina : Untuk burung kenari betina berkebalikan dari yang jantan . Bagian duburnya relatif datar dan suaranya tidak nyaring serta jarang berkicau. Bagian tubuhnya bulat dan lehernya pendek .

  • Mempersiapkan kandang untuk ternak burung kenari sistem koloni 

Setelah mempersiapkan indukan burung kenrai yang siap kawin tahapan selanjutanya adalah mempersiapkan kandang untuk ternak burung kenari sistem koloni . Persiapkan kandang dengan ukuran yang cukup besar . Untuk ternak kenari sistem koloni ini ukuran kandang tergantung dari jumlah indukan yang akan di kawinkan . Dalam ternak  burung kenari sistem koloni semakin banyak jumlah indukan semakin besar pula ukuran kandang . Perkawinan burung kenari ini akan terjadi sacara alami , burung kenari bisa memilih pasanganya yang diinginkan . Tunggu sampai burung kenari menghasilkan telur .

Kelebihan Ternak Burung Kenari Koloni :

Kelebihan ternak cara ini anda tidak perlu memberikan pakan dan minum setiap kandang . Cukup masukan pakan dan minum dalam wadah yang cukup besar . Tetapi kekurangan sendiri penyediaan pakan akan lebih boros .
Supaya budidaya burung kenari sistem koloni yang anda lakukan berhasil yang perlu diperhatikan adalah kebersihan kandang , karena dengan kebersihan kanadang akan menjamin kesehatan burung kenari dan terbebas dari penyakit . Anda bisa membersihkan kandang seminggu 2 kali agar terjamin kebersihanya .

Cara pemberian pakan ternak burung kenari koloni dari awal hingga anakan : 

2.Berilah Pakan Kenari Untuk Burung pada Masa Birahi (menjelang akan di kawinkan)

  • Pakan : Biji bijian pada umumnya dan  ditambah sedikit nigerseed + Asinan ( kalsium)
  • Vitamin : khusus untuk breeding / untuk kesuburan dan diberikan tiap hari.
  • EF : Sayur/buah bergantian tiap hari, sedangkan telur dan kroto tiap hari menjelang kawin

3. Pakan Untuk Induk kenari Pada masa mengeram

  • Pakan : Bijian pada umumnya + Asinan (kalsium)
  • Vitamin : Berikan vitaminKhusus untuk breeding dan berikan Multivitamin lain tiap hari
  • EF : Sayur/buah bergantian tiap hari


4.Pakan Untuk Induk yang Meloloh Piyik/anakan kenari

  • Pakan : Bijian pada umumnya + Asinan (kalsium)
  • Vitamin : khusus untuk breeding diberikan tiap hari.
  • EF : Sayur/buah, telur harus tiap hari, cacing


5.Pakan Untuk anakan Umur 1-2 bulan

  • Berilah Pakanan Bijian pada umumnya + Asinan (untuk kalsium)
  • Vitamin : khusus untuk breeding atau pertumbuhan setiap hari
  • EF : Sayur/buah, telur harus tiap hari
Semoga apa yang anda baca dalam artikel kali ini bisa membantu anda dalam  Budidaya  Burung Kenari Sistem Koloni agar berhasil .

Baca juga jenis burung kenari

Related Posts

No comments:

Post a Comment