--> Cara ternak LOVEBIRD bagi pemula agar cepat bertelur | hobi binatang piaraanku

HOBI BINATANG KESAYANGAN LOVEBIRD


Search This Blog

Friday, April 5, 2019

Cara ternak LOVEBIRD bagi pemula agar cepat bertelur

| Friday, April 5, 2019

Cara ternak LoveBird 

cara ternak lovebird

Cara ternak lovebird : Mempunyai hobi memelihara binatang memang menyenangkan dan apabila hobi tersebut menghasilkan tentunya hobi itu bukan sekedar kesenangan tetapi juga bermanfaat . Akhir akhir ini masyarakat banyak sekali yang gandrung dengan burung yang satu ini . Burung yang kecil mungil dan mempunyai warna warni yang sangat menarik .Burung itu bernama LOVEBIRD .Bagi anda yang sedang memelihara burung lovedird dan ingin tahu cara ternak lovebird anda bisa mencoba cara cara di bawah ini biar sukses ternak lovebird .

Cara ternak lovebird bagi pemula 

 Membuat kandang 


Hal pertama yang perlu disiapkan adalah sarangnya atau kandang untuk bersarang . Jika anda masih tahap awal sebaiknya memulai dengan sepasang burung dahulu . Siapkan kandang untuk sepasang lovebird serta tempat untuk bertelur ( GLODOK ) berukuran 20 x 20 x 25 cm . Di sekitar glodok kita kasih ranting ranting kayu kecil , serut kayu dan daun daun kering , nantinya burung lovebird secara alami akan menghiasi dan menata sarangnya .


cara ternak lovebird

Beli sepasang lovebird untuk induk : 

Sebelum anda membeli sepasang burung untuk ternak lovebird sebaiknya anda perlu menentukan jenis burung lovebird apa yang akan di ternak .Anda bisa menentukan dari warna lovebird atau suara yang bagus untuk di kembang biakan .Pilih indukan yang bersih terawat dan sehat agar nanti menghasilkan peranakan lovebird yang berkualitas . Untuk bahan indukan sendiri lovebird yang berjenis kelamin laki laki lebih tua dari indukan perempuan . 

Masa perkawinan 


Amati indukan lovebirddan tunggu hingga siap kawin . Burung lovebird ini siap kawin usianya berkisar 1 tahun . Amati dengan seksama indukan lovebird yang akan kawin , ciri cirinya biasanya : Induk Jantan :  biasanya sering mengosok gosokan pantatnya pada sarang . Sedangkan yang betina akan sering mengangkat ekornya ke atas dan membentangkan sayapnya .


Jadwal memberi makan 

Supaya ternak lovebird anda berhasil ,  harus rutin dan teratur memberi makan . Untuk makanan yang cocok Milet, Benih Kenari , Biji sawi , kangkung , jagung muda atau anda bisa membeli makanan yang sudah jadi 
cara ternak lovebird
cara ternak lovebird

Masa kawin dan bertelur 

Lovebird kawin dan bertelur : Ketika indukan sudah kawin dan menghasilkan telur anda tidak perlu sering sering melihat dari jarak dekat , hal ini biar burung tidak terganggu untuk mengerami telurnya . Dan bagi anda yang baru ternak lovebird perlu di ketahui indukan yang baru bertelur , telurnya belum tentu menetas mungkin ini faktor eksternal yang lain dan anda tidak perlu kuatir .

Masa pemeliharaan bayi lovebird

Ketika telur lovebird sudah menetas biarkan bayi bayi lovebird bersama induknya sekitar setengah bulan . Kemudian pisahkan dengan induknya taruh di tempat tersendiri beri penerangan lampu  5 watt untuk penghangat bayi bayi lovebird .
cara ternak lovebird

Pemeliharaan dan makan bayi 

Memberi makan anak lovebird : bayi bayi lovebird tentunya belum bisa makan dengan sendiri , jadi anda harus rutin dan telaten menyuapi bayi bayi lovebird dengan bubur lovebird yang sudah jadi . Cara menyuapi dengan alat ini biasa di sebut NYEPED .

CARA TERNAK LOVEBIRD
Begitu saja cara ternak lovebird bagi pemula yang bisa anda praktekan sendiri , jika ada yang kurang pembaca bisa menambahkan di kolom komentar .
Ternak kenari merah

Related Posts

No comments:

Post a Comment