--> Ternak Burung KENARI Pemula biar sukses dan menghasilkan | hobi binatang piaraanku

HOBI BINATANG KESAYANGAN LOVEBIRD


Search This Blog

Friday, April 5, 2019

Ternak Burung KENARI Pemula biar sukses dan menghasilkan

| Friday, April 5, 2019

Ternak Burung KENARI Pemula  biar sukses dan menghasilkan 

cara ternak kenari

Ternak burung kenari : Sebelum kita membahas cara ternak kenari baiknya kita tahu sekilas tentang burung kenari . Diambil dari sumber wikipedia Indonesia Burung kenari mempunyai nama latin Serinus Canaria . Burung kenari tidak ada hubunganya dengan buah kenari tetapi nama burung itu di ambil dari nama pulau habitat burung tersebut yaitu kepulauan Canary .

Sebelum membahas lebih lanjut cara ternak burung kenari ada baiknya kita ketahui jenis jenis dari burung kenari agar tahu gambaran jenis burung kenari apa yang akan kita ternakan .

  1. Kenari Melayu / Kenari Gunung
  2. Kenari Yorkshire
  3. Kenari Waterslager
  4. Kenari Spanish Timbrado
  5. Kenari Roller
  6. Kenari Border
  7. Kenari Gloster
  8. Kenari Norwich
Setiap jenis burung kenari mempunyai ciri ciri fisik sendiri dan juga kelebihan masing masing juga berbeda .
Kali ini kita akan membahas bagaimana cara ternak burung kenari merah yang bisa di praktekan secara mandiri .

Cara Ternak Burung Kenari Merah agar sukses 

cara ternak kenari merah

Sebelum anda membeli kenari merah untuk di jadikan indukan ada pepatah bilang teliti dulu sebelum membeli . Kenari merah merupakan jenis burung kenari yang relatif mahal harganya oleh sebab itu ada juga burung kenari yang sengaja di beri warna merah agar sesuai dengan warna kenari merah yang asli . Jadi sebelum belajar cara ternak kenari merah anda harus tahu betul mana yang asli atau palsu . 

Modal pertama beli sepasang indukan burung kenari merah 

Belilah sepasang indukan kenari merah yang berkualitas serta sehat . Sebelum membeli kepada penjual perhatikan faktor kebersihan kandang tersebut , karena kebersihan kandang berpengaruh terhadap kesehatan burung kenari merah tersebut sehingga jika di beli akan menghasilkan indukan yang berkualitas dan melahirkan anakan kenari yang baik dan berkualitas .Setelah anda membeli indukan tahap selanjutnya merawat hingga berternak .

Memberi makan yang berkualitas serta minum air yang bersih 


Burung kenari dalamhal ini kenari merah merupakan burung pemaka biji bijian , jadi berilah makanan yang cocok atau bisa beli makanan kenari hasil pabrikan . Untuk memberi minum berilah air yang bersih dan untuk menjaga kebersihan air minum anda bisa mengganti minumnya 2 hari sekali
cara ternak kenari merah

Memberi makanan tambahan agar ternak  kenari merah menghasilakn yang terbaik 

Sama seperti manusia yang memerlukan makanan tambahan biar sehat burung kenaripun juga membutuhkan makanan tambahan biar sehat dan berkualitas . Makanan tambahan burung kenari itu diantaranya : 
  • Gambas 
Cuci bersih gambas kemudian cincang biar halus
  • Jagung Manis 
Jagung di serut biar halus sehingga muda di cerna
  • Apel
Apel di iris kecil kecil 
  • Wortel 
Wortel di iris kecil kecil 

Semua makan tambahan beri secukupnya kalau perlu sering di ganti makananya biar segar .


Memandikan Burung Kenari dan Menjemurnya 

Memandikan burung dan menjemurnya merupakan pekerjaan harian yang harus di lakukan , supaya burung kenari merah selalu bersih dan sehat yang akan bedampak pada hasil pranakanya .
Mandikan burung dengan cara di semprot seluruh tubuhnya jangan di pegang 


cara ternak burung kenari

Setelah burung kenari dimandikan selanjutnya kita jemur burung tersebut untuk waktu penjemuranya pada waktu pagi hari sekitar jam tujuh atau jam delapan , karena pada waktu itu matahari tidak terlalu panas . Selain penjemuran pada waktu pagi hari bisa juga di lakukan pada waktu sore hari sekitar jam tigaan karena matahari sudah tidak terik lagi .

Cara ternak burung kenari biar sukses selalu menjaga kebersihan kandang 

Kebersihan kandang dan kebersihan burung merupakan faktor yang penting agar ternak burung kenari kita berkelanjutan . Karena kebersihan kandang akan membuat burung terbebas dari penyakit .
Bersihkanlah kandang 3 hari sekali dengan air tunggu biar kandang itu kering baru kemudian dimasukan lagi . Sebelum kandang di bersihkan pindahkan burung ke kandang lainya jangan di pegang tangan secara langsung . buka kedua pintu kandang dan hadapkan pintu dengan pintu .

Related Posts

No comments:

Post a Comment